11 Februari 2008

Belajar Membuat Website Dinamis: Pengenalan Website

Tulisan ini adalah bagian pertama dari artikel berseri belajar membuat website dinamis. Insya Allah akan menyusul artikel seri selanjutnya.

Untuk membuat webiste, pertama harus kita tentukan dulu jenis website yang kita buat. Secara umum website dibagi ke dalam 2 kelompok, statis dan dinamis. Jika sebuah situs terdiri dari gabungan link-link halaman saja, berarti tergolong ke dalam situs statis. Pada situs statis kita cukup mempelajari kode HTML saja. Agar tampilan situs statis kita semakin menarik, baiknya juga ditambahkan kode CSS dan sedikit Javascript. Untuk mendesain web agar tampilannya menarik dan padu, diperlukannnya penguasaan tentang pembuatan tombol, badge, gambar gif, dan sebagainya pada software pengolah citra seperti Adobe Photoshop dll.

Untuk jenis situs dinamis, situsnya tidak hanya terdiri dari kumpulan halaman HTML saja tetapi telah terpadu dengan database yang memungkinkan pengunjung untuk mendaftar atau mengisi buku tamu (guest book) dan banyak hal lainnya. Pada situs dinamis, disamping kita telah menguasai kode HTML dan CSS, kita dituntut juga untuk menguasai konsep database, bahasa pemrograman web seperti PHP atau ASP. Untuk database sebaiknya pilih yang open source alias gratis seperti PostgreSql atau MySql. Walau gratis, PostgreSQL lebih handal daripada database berbayar seperti Oracle dan PostgreSQL juga mendukung tipe data spasial untuk pembuatan situs berbasis GIS (geography Information System).

Namun untuk pemula cukup memakai database MySQL yang juga tidak kalah hebat. MySQL lebih banyak dipakai pada server-server hosting sehingga nanti ketika kita mau mempublikasikannya dengan cara membeli nama domain dan server hosting (bisa juga cari yang gratis) tidak susah. Kombinasi PHP-MySQL juga paling banyak digunakan pada situs-situs, karena keduanya sama-sama gratis. Kombinasi PHP-MySQL telah disediakan dalam satu paket ditambah Apache sebagai server gratis untuk menjalankannya pada localhost kita. Paket-paket Apache-PHP-MySQL ini dapat ditemukan pada XAMPP, WAMPP, Appserv dan sebagainya yang selalu diupdate dengan versi terbaru dari ketiga komponennya.

Untuk saat ini XAMPP for Windows telah mencapai versi 1.6.6 yang terdiri dari Apache v2.x, PHP v5.x.x dan MySQL v5.x.x download terlebih dahulu di situsnya www.sorceforge.net. Untuk yang memakai PostgreSQL download juga di situsnya www.postgresql.org.

bersambung...

Share with Facebook Share