25 Maret 2008

GMail for mobile - cara mudah buka gmail diponsel

Mungkin tulisan ini sudah basi bagi yang sudah tau. Sebenarnya sudah hampir setahun saya menggunakan GMail for Mobile ini diponsel saya. Tulisan ini untuk melengkapi tulisan saya tentang chatting melalui ponsel dan browsing via ponsel sebelumnya. Dengan semua dapat diakses lewat ponsel, tentu akan sangat memudahkan kita untuk berhubungan dengan dunia maya pada suatu saat jika komputer dengan jaringan fixed-line internet tidak tersedia. Contohnya ketika kita lagi pulang kampung seperti pengalaman saya waktu pulkam kemarin.

Dengan GMail for Mobile, maka siapa saja yang sudah mempunyai account email gratis dari GMail dapat membuka emailnya langsung dari HP/ponsel. GMail for mobile ini dapat didownload di sini. GMail for mobile ini sudah mendukung banyak handset ponsel berkemampuan Java atau Symbian. Berbeda dengan YahooMail yang saya pernah saya cobakan untuk ponsel SE z558i yang belum support sementara GMail pada z558i ini telah support.

Kok harus aplikasi tersendiri? ya karena situs GMail sebagaimana blogger.com belum bisa dibuka dengan aplikasi browsing ponsel seperti OperaMini ver 4. Sebaliknya Y-Mail malahan bisa dibuka lewat OperaMini. Dengan GMail for Mobile ini kita dapat membaca dan mengirim email dengan segera. Ada juga fitur untuk mencari email dan juga melihat email terkirim.

Untuk proses instalasi GMail ini, kita cukup menjalankan file *.jar yang telah didownload kemudian masukkan username dan password untuk email kita. Kita dapat memilih untuk menyimpan atau tidak username/password kita.

Kelemahan dari Gmail for Mobile ini antara lain hanya menampilkan teks dari email yang masuk tanpa gambar dan tanpa outgoing link yang bukan link secara langsung lewat teks. Kelemahannya yang lain adalah kita tidak dapat melihat email yang dikategorikan spam oleh gmail guna proses verifikasi status spam yang diberikan.

Share with Facebook Share