07 Maret 2008

PostgreSQL, the best open sources database

Latest PostgreSQL

Mungkin untuk sebagian orang, PostgreSQL belumlah begitu terkenal seperti MySQL. Hal ini cukup dimaklumi dengan masih sedikitnya buku-buku tentang web-programming yang menggunakan postgeSQL sebagai databasenya yang tersedia di toko-toko buku. Ditambah lagi dengan masih sedikit juga server hosting situs yang menyediakan database PostgreSQL sebagai pilihan databasenya.

Walau sama-sama free alias gratis, PostgreSQL lebih diunggulkan dibanding MySQL yang juga free bahkan dari yang berbayar sekaligus seperti Oracle. Salah satu kelebihan PostgreSQL adalah kemampuannya menampung data spasial, sehingga ia bisa digunakan dalam pembuatan situs yang berbasis Web GIS untuk pemetaan dan sebagainya.

Saya sendiri menggunakan PostgreSQL dalam pengerjaan tugas akhir saya tentang pembangunan e-learning di kampus. Seperti halnya MySQL yang mempunyai tool bantu PhpMyAdmin, PostreSQL juga mempunyainya dengan nama PhppgAdmin. PostgreSQL versi terbaru dapat didownload di sini sementara tool bantunya dapat juga didownload disini

Share with Facebook Share