30 Maret 2008

MyLib: Software gratis penyimpan database kumpulan CD/DVD milik pribadi

Jika kamu mempunyai banyak koleksi CD atau DVD terkadang kita repot untuk mencari file yang diperlukan apalagi jika koleksi kamu sampai dua case CD atau lebih. Solusinya kamu dapat menggunakan software buatan LineSoft ini. Dengan sofware ini koleksi CD kita akan terorganisir dan terjaga dengan baik. Di samping itu kita akan cepat untuk mencari file/sofware yang dibutuhkan dengan segera.

Jadi sofware ini fungsinya mirip seperti pustaka pribadi (my library) yang mempunyai catatan kumpulan CD dan catatan peminjaman. Silakan download software ini gratis dari situsnya di sini. Walaupun versi yang ada terakhir RC 0.92 (sepertinya tidak diteruskan lagi) namun telah cukup baik dan mempunyai banyak fitur yang bermanfaat.

mylibrary software

Cara kerja sofware:

  • Setiap CD/DVD yang kita punya harus discan terlebih dahulu sehingga terbentuk image dari CD/DVD tersebut. MyLib hanya menyimpan nama path dan file dari isi CD/DVD kita saja sehingga ukuran sangat kecil

  • beri nama atau label pada CD/DVD dan juga label dari Image MyLib. Nama yang sama akan memudahkan kita untuk mencari cepat file/software yang dibutuhkan dalam CD/DVD

  • Setelah dibuat databasenya, maka dapat dilihat struktur file/folder dari CD/DVD yang berisi ukuran file sebenarnya dan deskripsinya. Khusus file dengan format readme.txt maka isinya juga akan direkord.

  • dengan menekan ctrl+F kita dapat mencari file secara langsung dengan mengetikan keyword dari file yang akan dicari.

  • Jika ada yang meminjam CD/DVD, kamu dapat langsung mencatat nama peminjamnya dan mencatat waktu pengembaliannya. MyLib akan mengingatkan kamu jika waktu peminjaman habis.

  • Untuk menjaga dari kehilangan database CD/DVD kita, backuplah secara berkala folder images pada direktori instalasi myLib kamu. Sehingga jika diperlukan kita cukup mereplacenya kembali ke folder tersebut.


 


Share with Facebook Share