24 April 2008

Cara mengganti icon blog pada blogspot

Icon pada blog seperti blogspot dapat kita ganti dengan icon yang sesuai dengan selera kita. Contohnya seperti pada blog ini dimana icon standar blogspot telah diganti sesuai dengan icon yang saya inginkan. Penggunaan icon yang berbeda dapat berfungsi sebagai jati diri dan pembeda situs kita dari situs orang lain. Pada website umum, biasanya icon mewakili gambar atau logo dari organisasi atau perusahaan.

Sebenarnya untuk mengganti icon blog yang muncul pada address bar sama saja caranya dengan memasang icon pada website biasa. Caranya cukup mudah kita tinggal menambahkan script berikut

<link rel= "shortcut icon" href="./images/icon.ico" />

di antara sintak <head>...</head>

Pada blogspot menu edit html terdapat pada bagian Dashboard »Layout » Edit HTML. Ganti path icon di atas sesuai dengan link tempat icon kita berada. Lalu sisipkan kode di atas kemudian save templatenya hingga muncul bacaan tempate change saved. Perlu diperhatikan icon harus berupa gambar dengan format *.ico dan biasanya berukuran maksimal 80 x 80 piksel. Gunakan program icon creator seperti iconcool editor untuk membuat gambar atau logo dengan format ico.

Share with Facebook Share