09 April 2008

IM pada hape dengan aplikasi EQO

EQO seperti halnya e-buddy adalah aplikasi IM untuk ponsel. Namun EQO mempunyai kemampuan untuk mensupport lebih banyak IM seperti MSN, AIM, Yahoo, Yahoo, QQ, Google Talk, ICQ dan Jabbers. Program EQO dapat didownload di sini pilihlah yang sesuai dengan jenis dan merek ponsel mu. EQO bukanlah seperti aplikasi mig33 ataupun nimbuzz yang menyediakan chat room tersendiri buat usernya. Setelah sukses registrasi kita akan diberi kredit sebesar $2.50 yang berguna untuk calling teman kita yang buka pengguna EQO

menu phonebook EQO

Perbedaan dengan Reporo adalah adanya fitur untuk melakukan panggilan lewat internet. Ini mungkin mirip layanan yang diberikan oleh Skype yaitu call lewat jalur internet yang biasa dikenal dengan VoIP ( Voice on Internet Protocol). Kelebihan dari EQO adalah tampilan GUI nya yang menarik mulai dari proses registrasi hingga menu-menunya. Bahkan saat registrasi terdapat fitur anti spam layaknya seperti saat kita memasukkan comment pada suatu situs/blog. Menu utamanya sendiri terdiri dari buah yang masing-masing ditempatkan pada toolbar sehinga cukup digeser ke kiri atau ke kanan. Pada bagian kiri ada fitur phonebook untuk kita menelpon dari daftar buku telepon yang telah kita tambahkan. Teman-teman yang ada pada phonebook dapat kita undang untuk menginstal EQO, mengirim pesan, atau melakukan panggilan.

menu IM EQO

Fitur kedua yang berada ditengah adalah link Messages. Fungsinya semacam Inbox kalau di email yaitu menampung pesan-pesan yang masuk dan mengingatkan ada pesan yang baru masuk. Pilihan menu ketiga pada bagian kanan adalah IM service yang menghubungkan kita ke IM lain yang telah disupportnya seperti yang telah disebutkan di atas. Kita cukup memasukan ID dari IM kita misalnya Yahoo lalu passwordnya, maka akan tampil daftar teman dari IM Yahoo kita tersebut. Jika kita ingin memulai chat cukup dipilih teman yang ingin diajak ngobrol, pilih action » start chat. Kemudian akan muncul menu chat baru pada bar bagian kiri dari IM Services.

Share with Facebook Share