28 April 2008

Tips menjadikan comment pada blogspot seperti wordpress

Sekarang ini blogspot dan wordpress merupakan pemain besar dalam dunia per-blogging-an. Sebenarnya ada juga situs lain yang memberikan tumpangan sub domain pada websitenya untuk blog seperti multiply dan drupal, namun kalah saing dalam jumlah member dan keunggulan. Menurut saya sendiri, blogspot yang bernaung di bawah Google, Inc menempati posisi teratas dari engine blog lainnya karena kelebihan yang banyak dimilikinya. Silakan baca di sini tentang perbandingan dan kelebihan blogspot atas wordpress.

Namun tentu saja blogspot tidak tanpa cacat. Kamu-kamu yang sudah biasa akrab dengan blogspot tentu mengerti benar kelemahan dari blogspot. Ya salah satunya masalah kemudahan komentar. Tidak seperti wordpress yang lebih user friendly dalam memberikan kemudahan pengunjung memberikan komentar, blogspot agak panjang prosesnya setidaknya ada 2 tombol yang harus diklik. Pada wordpress ruang form comment berada di bawah isi posting tanpa harus membuka window pop up comment. Kelebihan ini dapat dilihat dari banyaknya komentar yang diberikan pada blog atau situs yang memakai flatform wordpress. Kadang-kadang pengunjung yang tertarik untuk memberikan komentar, opini atau pertanyaan pada blog di blogspot malah tidak jadi karena ribetnya proses atau terbatasnya koneksi dan waktu pengunjung.

Sebenarnya ketatnya proses comment pada blogspot sendiri untuk menghindari banyaknya komentar spam yang masuk. Hal ini karena blogspot tidak mempunyai plugin penangkal spam otomatis seperti Askimet yang disediakan pada Wordpress. Pada blogspot blogger melakukan penyaringan komentar spam secara manual lewat proses moderasi comment yang dikirimkan ke email blogger setiap kali komentar baru masuk.

Sekarang kelemahan blogpsot ini telah ditutupi dengan adanya semacam plugin comment dari pihak ketiga. Plugin untuk comment ini dapat kamu kunjungi di situs haloscan.com. Tim dari Haloscan.com mengerti benar kekurangan dari blogspot dengan memberikan widget komentar persis seperti style komentar wordpress. Sangat asyik dan bergunakan. Buktinya blog ini sendiri sehari setelah saya pasang langsung ada dua pengunjung yang memberikan komentar, yah sebelum dimodif sesekali saja yang memberikan komentar. Yang agak berbeda dari wordpress, setelah kita memberikan komentar maka keseluruhan page akan di-load kembali tidak pada bagian komentar saja.

Proses pemasangan plugin comment



  • registrasi terlebih dahulu

  • Setelah login pilih menu install

  • download template blogspot kamu

  • upload template tadi pada haloscan.com

  • download kembali template yang telah dimodifkasi oleh haloscan.com

  • Pada blogspot, upload template yang telah dimodifikasi tadi

  • Jadi deh


Kamu juga dapat menyisipkan kumpulan komentar blogmu misalnya pada bagian sidebar dengan meng-copy script yang diberikan pada haloscan.com


Ada yang mau komentar?


Share with Facebook Share